Madu berkhasiat bagi tubuh dan kulit

khasiat madu bagi tubuh dan kulit
Selama berabad-abad, madu dikenal memiliki khasiat bagi tubuh dan kulit. Bahkan Cleopatra yang dikenal sebagai perempuan yang tercantik di masanya pun selalu mencampur madu ke dalam air mandinya untuk menjaga kecantikannya.

Namun, benarkah madu bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda? Praktisi kesehatan Dr Sandra Rosario, MD, dan pakar pengobatan natural, Dr Gabrielle Francis, merekomendasikan madu untuk membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan cara yang tepat.

1. Menghidrasi dan menghilangkan jerawat
"Madu merupakan humectant (bahan yang menyerap air dari udara dan mempertahankannya di lapisan kulit), sehingga bisa menarik air ke kulit untuk melembabkan dan menghindarkan kulit dari iritasi," ungkap Rosario, yang juga ahli kecantikan dari The Spa di Mohonk Mountain House, New Paltz, New York. Ia menambahkan bahwa madu juga memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengatasi kulit sensitif. Selain menghidrasi kulit, madu juga berguna untuk mengatasi masalah jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat madu yang paling maksimal, Sandra menyarankan untuk menggunakan madu mentah (yang belum diolah). "Madu mentah masih memiliki enzim aktif yang berguna untuk kecantikan. Proses pemanasan saat pembuatan madu konsumsi akan menghancurkan enzim ini," jelasnya.

Sandra merekomendasikan untuk menggunakan madu sebagai masker wajah. Caranya, ambil dua atau tiga sendok madu dalam mangkuk kecil, kemudian gunakan ujung jari untuk meratakan madu ke wajah. Setelah 10 menit, bilas wajah dengan air hangat (hindari menggunakan sabun wajah) dan gunakan pelembab favorit Anda.

2. Mencegah alergi dan meningkatkan kekebalan
Madu sudah diketahui memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. "Madu bisa meredakan sakit tenggorokan, batuk, dan meningkatkan kekebalan tubuh," kata Francis, ahli akupunktur dan pengobatan naturopati di Manhattan. Madu diketahui mengandung vitamin B, asam amino, enzim, dan mineral seperti kalsium, magnesium, bioflavonoid, dan antioksidan. Semua bahan ini berfungsi untuk mengatasi masalah alergi.

Untuk mencegah alergi, Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan madu setiap harinya. "Namun pastikan, madu ini bukanlah madu yang dipasteurisasi sehingga masih mengandung enzim dan antioksidan," tambahnya. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam teh atau minuman lainnya.


Sumber : KOMPAS.com

0 komentar:

Post a Comment

Catatan : Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Karena penulis memberi kebebasan berkomentar tanpa melalui moderasi. Dilarang menaruh link website di kotak komentar karena akan langsung dihapus. Pilih profile Name/URL apabila ingin meninggalkan link/backlink.

Daftar isi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes | Share Info and Knowledge