Membedakan antara Kabel Straight dan Kabel Cross

kabel straight dan cross
Di dalam perangkat jaringan kita semua pasti tahu jenis-jenis kabel yang biasanya digunakan untuk menghubungkan antara perangkat yang satu dengan yang lainnya. Kabel yang biasa dipakai antara lain :


- Kabel Twisted Pair ada 2 jenis kabel yang termasuk dalam tipe ini yaitu Shielded Twisted Pair(STP) dan Unshielded Twisted Pair(UTP)
- Kabel Coaxsial ,dan
- Kabel Fiber Optic
Tapi kali ini Saya akan menjelaskan mengenai kabel UTP. Terkadang kita suka lupa urutan warna untuk kabel Straight dan kabel Cross itu apa, jika disuruh membuat dan merangkai sendiri kabel UTP.


Kabel UTP itu terdiri dari 8 buah kabel halus yang saling melilit menjadi 4 pasang, Keempat pasang kabel tersebut adalah :

- Kabel Putih list Hijau dengan Kabel Hijau
- Kabel Putih list Orange dengan Kabel Orange
- Kabel Putih list Biru dengan Kabel Biru
- Kabel Putih list Cokelat dengan Kabel Cokelat

Pemasangan kabel UTP biasanya mengikuti aturan standar internasional yang sudah ditetapkan yaitu aturan EIA/TIA 568A (Untuk Tipe Cross) dan EIA/TIA 568B (Untuk Tipe Straight).

Kabel Tipe Straight biasa digunakan untuk menghubungkan antara PC ke Switch, Router ke Switch, Router ke Hub dan PC ke Hub. Kalo mau lebih mudah mengingatnya pokoknya Kabel Tipe Straight untuk menghubungkan antara perangkat yang berbeda.

Kabel Tipe Cross biasa digunakan untuk menghubungkan antara PC ke PC, Switch ke Switch, Hub ke Hub, dan PC ke Router. Kalo mau lebih mudah mengingatnya, Kabel Tipe Cross untuk menghubungkan antara perangkat yang sama.



Urutan EIA/TIA 568A (Untuk Tipe Cross) :

    Urutan ke1    : Putih Hijau
    Urutan ke2    : Hijau
    Urutan ke3    : Putih Orange
    Urutan ke4    : Biru
    Urutan ke5    : Putih Biru
    Urutan ke6    : Orange
    Urutan ke7    : Putih Cokelat
    Urutan ke8    : Cokelat



Urutan EIA/TIA 568B (Untuk Tipe Straight) :

    Urutan ke1    : Putih Orange
    Urutan ke2    : Orange
    Urutan ke3    : Putih Hijau
    Urutan ke4    : Biru
    Urutan ke5    : Putih Biru
    Urutan ke6    : Hijau
    Urutan ke7    : Putih Cokelat
    Urutan ke8    : Cokelat


Mungkin itu saja share info kali ini. Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment

Catatan : Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Karena penulis memberi kebebasan berkomentar tanpa melalui moderasi. Dilarang menaruh link website di kotak komentar karena akan langsung dihapus. Pilih profile Name/URL apabila ingin meninggalkan link/backlink.

Daftar isi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes | Share Info and Knowledge